MENULIS HEADLINE

Headline haruslah menarik, seperti halnya sebuah judul berita, artikel, cerpen, ataupun novel. Tanpa headline yang menarik, orang tidak akan memperhatikan bodycopy. Selain menarik, headline juga harus mengandung kebenaran secara logika.



    Headline "Tips Cantik bagi Wanita" kurang menarik bagi pembaca. Namun, headline "Cara tepat Menjadi cantik dalam 14 hari" merupakan headline yang memukau. Orang akan langsung tertarik menbaca iklan itu lebih jauh. Namun, headline "Cara tepat menjadi cantik dalam 15 menit" adalah mustahil. Orang tidak tertarik karena menilainya ada kebohongan.
    Selain pilihan kata yang baik, headline harus ditulis dengan jenis huruf yang mudah dibaca dan huruf yang lebih besar dari bodycopynya. Headline dalam huruf tebal dan ukuran besar, misalnya 72 kurang estetis dan kurang efisien untuk iklan ukuran 2 kolom x 150 mm, disamping tentu saja menghabiskan ruang.
    Dari gaya dan struktur kalimatnya headline bisa berbentuk pernyataan, membuat pernasaran, perntanyaan menggoda, mengejutkan, retorika, bujukan, dan sebagainya.
    Pernyataan: Ada Break ada Kit Kat
     Membuat penasaran: Ternyata ada juga wanita yang jatuh cinta pada dasi.
     Pertanyaan menggoda: Mengapa gadis-gadis Indonesia memakai pembalut Suction?
    Mengejutkan: Gunakan Akal Sehat, Pilihan Baru
    Retorika: Adakah wanita yang tidak ingin Cantik
    Bujukan: Bila Anda eksekutif cerdik, Anda pasti memilih konputer X.


    Previous Post Next Post