Standar Harga Ideal Jasa Desain Grafis "Pro"

Berapa sih standar harga ideal untuk jasa desain grafis? buat yang suka freelance atau memang berkecimpung di freelance desain, dan masih baru banget, mungkin pingin tau berapa standar harga yang seharusnya kita tetapkan pada saat kita dapetin custommers, biar gak terlalu mahal dan juga gak terlalu murah. 

info berikut mungkin bermanfaat buat kamu yang memang belum tau dan pingin tau, ( artikel ini bukan saya yang bikin, tapi saya kopas dari sebuah forum, 

Berikut adalah cara merinci perhitungan harga desain Cara ini bisa dipakai untuk menghitung semua jasa desainer, baik sekedar retouching foto, publishing item sampe ke corporate identity.

Komponen terpenting dalam penghitungan biaya jasa desain:
1. Indeks / standar harga per jam kerja.
2. Tahapan kerja dan proses kreatif.

I. Indeks per jam kerja
-----------------------
1. Si Indra, (bukan Indra Widjono) baru aja lulus Fakultas Desain di Jakarta. Indra sedang melamar kerja dan mengetahui bahwa rata-rata gaji seorang desainer baru lulus adalah antara Rp. 1,2 hingga 2 jt.
Berapa index per jam kerja Indra? Kita anggap Indra berangan- angan bergaji 2 jt sebulan:

Jam kerja: 8 jam perhari (minus istirahat)
Jumlah hari kerja sebulan: 22 hari.

Jadi index per jam kerja Indra:
Rp. 2.000.000 : 8 : 22 = Rp. 11.363,-
Kita bulatkan aja biar gampang: Rp. 12.000,-
(btw,..kalo lu gak suka matematika, sebaiknya jangan coba-coba jadi desainer pro.!)
#Jadi indeks per jam Indra adalah Rp. 3.000,-#

Suatu ketika Indra dapet order bikin flyer, wah 1st customer, harus dipuasin banget nih, soalnya ngarepin ordernya bakalan kontinyu..(harapan semua desainer pro,..ha..ha..) Oh ya, pro di sini bukan berarti jago ya, tapi kerja ngedesain buat cari duit.

Si klien mulai ngejelasin konten flyernya:

Ada logo, tapi harus diredraw dulu (nge-path bo').
Tulungin yak, cariin foto buat bekgron
Oh iya, teksnya ada nih di ms. word tapi blom lengkap, nih saya kasih printnya.
Nah gini mas, bos saya maunya kamu kasih beberapa alternatif, yah biar seneng aja bos saya nanti kerjaannya kontinyu lho, kita juga mau bikin bla.bla..bla..(sebagai desainer, lu seneng gak denger kayak beginian,..gw sih udah kebal dah,..keseringan klien ngomong gini..sebenernya sih minta diservice dan diskon aja,...tapi ada kok yg beneran kontinyu, saya gak nyindir Mbak Kitty lho,..he..he..)
Oh ya mas Indra,..bos saya tuh gaptek gak bisa buka imel, jadi nanti desainnya di print aja, anter aja ke kantor ya,..saya tunggu lho.

Pertanyaan, berapa harga desain yang harus diajukan?

Gini cara menghitungnya:

Redraw logo: 3 jam
Browsing cari bekgron: 3 jam
Ngetik teks: 1 jam (padahal sih cuma 15 menit)
Mikirin konsep: 4 jam
Bikin sketsa desain: 4 jam
Mulai ngelayout: 1 alternatif 4 jam, 3 alternatif berarti 12 jam
Ngeprint kalo gak ada eror: 1 jam
Abis diprint merasa gak sreg, bikin revisi dulu: 2 jam
Ngeprint lagi dan nempelin ke karton hitam biar keren kalo diprensentasi-in: 2 jam
Lama perjalanan ke klien: 2 jam pp

TOTAL PROSES Pengajuan Desain: 34 jam

Eit, blom selesai nih,..ada lagi:
Kalo ada revisi:

Desain terpilih ada 2, minta dikombinasi: 6 jam.
Ngeprint lagi: 2 jam
Balik lagi ke klien: 2 jam

TOTAL 1 kali revisi: 10 jam. Berapa kali kemungkinan
revisi? Misalnya 3 kali: Total 30 jam.

Eiiitt,..masih ada lagi: Nyiapin data separasi / FA

Cek warna desain yang sudah dipilih: 1 jam
Cek kualitas foto2 yang digunakan: 1 jam
Proses postcript file: 1/2 jam
Proses ke PDF high quality: 1/2 jam
Burning ke CD: 1/2 jam
Final print: 1/2 jam
Anter lagi ke klien: 2 jam

TOTAL PROSES Pra-Cetak: 6 jam.

----------------------------------------
JADI TOTAL JAM KERJA ADALAH: 70 jam, dikalikan indeks per jam kerja Indra: Rp. 12.000,-
= Rp. 840.000,-
----------------------------------------
Pantes kan? itu METODE 1 menghitung harga untuk pengajuan desain 3 alternatif sudah termasuk data FA / Separasi.


Baca Selanjutnya Metoda Kedua

7 komentar :

  1. (btw,..kalo lu gak suka matematika, sebaiknya jangan coba-coba jadi desainer pro.!)
    yang bener itu "Buat yang ngga bisa matematika boss,," bukan yang "ngga Suka", saya juga ga suka matematika, tapi saya bisa.

    di revisi aja..

    BalasHapus
  2. Thanks buat pencerahannya!
    Iya bener.. kadang2 bingung menentukan pricing untuk design grafis.
    Di satu sisi kadang2 client terlalu menyederhanakan atau menganggap gampangn suatu design..

    BalasHapus
  3. asik infonya.. thanks ya!

    BalasHapus
  4. Jadi index per jam kerja Indra:
    Rp. 2.000.000 : 8 : 22 = Rp. 11.363,-
    Kita bulatkan aja biar gampang: Rp. 12.000,-
    (btw,..kalo lu gak suka matematika, sebaiknya jangan coba-coba jadi desainer pro.!)
    #Jadi indeks per jam Indra adalah Rp. 3.000,-#

    nah kalau #Jadi indeks per jam Indra adalah Rp. 3.000,-# gimana ngitungnya ? sedangkan di atas sudah dibulatkan menjadi Rp. 12.000

    BalasHapus
  5. Susah mas untuk mematok harga desain grafis, karena tidak ada standart pastinya...
    jasa desain grafis

    BalasHapus
  6. kalo untuk standar layout tabloid gitu berapa bos, untuk harga per halaman gitu

    BalasHapus
  7. kalo untuk standar ongkos layout tabloid gitu standardnya berapa bos? ada sebanyak 20 halaman

    BalasHapus

Buat Blog Ini menjadi lebih baik, Silahkan Tuliskan Komentar anda.