Finishing Layout Majalah | Montase Halaman

Di awal bulan kantor redaksi Majalah tempat saya bekerja, memang tidak begitu banyak kegiatan, pasalnya setiap awal bulan dari minggu pertama, majalah sudah mulai masuk ke proses cetak, dan itu artinya kami tinggal menunggu naskah-naskah baru, untuk edisi berikutnya.

Nah sambil menunggu materi-materi baru untuk di Layout, saya sengaja ingin berbagi tutorial,  tutorial  ini merupakan lanjutan dari tutorial Membuat majalah menggunakan Indesign Cs 5 Dari Bagian 1 hingga 9 sebelumnya. dan kali ini adalah membahas proses finishing. sekaligus menjawab salah satu pesan pembaca yang mengirimkan pesan melalui email " bagaimana cara membuat halaman " aduan" ? atau montase (disebut juga monting), hal ini merupakan tugas terakhir setelah semua layout majalah selesai dan tinggal menunggu proses cetak.

Memang, untuk tugas yang satu ini, biasanya kami serahkan ke orang Percetakannya, biar mereka tidak kerja dua kali, sebagai contoh :

Biasanya proses cetak menggunakan kertas A2 (plano) = 42 cm x 59, 4 cm kalo misalnya file yang saya serahkan sudah saya susun halamnnya, biasanya juga ( ah kebanyakan "biasanya" :D ) mereka akan menyusun lagi  halaman tersebut. Mereka benar karena biasanya pengaturan susunan halaman tersebut langsung pada pengaturan kertas A2 Plano, dan akan langsung dicetak menjadi Film.

Dan kalo memang kita mau benar benar menyiapkan semua file agar mempercepat proses cetak, ada baiknya kita konsultasi dengan designer di percetakan tersebut, terutama: 

1.Berapa ukuran kertas yang akan mereka gunakan,
2. Bled ( Jarang Potong) 

Lihat Ilustrasi Berikut

Pada gambar sebelah kanan, merupakan halaman yang masih berurutan pada Indesign, Kiri : Pada saat proses cetak, halaman akan diubah menjadi terbalik. 

Lihat lagi Gambar berikut
 Kertas Ukuran A2 (Plano) akan digunakan untuk mencetak 2 halaman majalah, dan ini adalah struktur majalah yang sudah benar, halaman sudah tidak lagi berurutan seperti ketika masih di indesign, namun sudah di montasi menjadi urutan seperti gambar diatas. 

Ada beberapa teknik montase halaman majalah. 
Cukup menggunakan perintah Booklet yang sudah ada pada Adobe Indesign, namun khusus untuk Adobe Indesign CS5 kita harus menginstall Adobe Acrobat Pro (Bukan Adobe Reader)
Langkahnya cukup sederhana. 

Klik File > Print Booklet

Untuk membuat Montase Halaman kita cukup Menggunakan perintah Print Booklet, namun pada Indesign CS 5 Kita harus kita harus menginstall Adobe Acrobat Pro ( Bukan Adobe Reader)



Selanjutnya atur muncul kotak dialog Print Booklet 


Kotak Dialog Print Booklet : Pada tampilan kotak Preview, halaman otomatis berubah yaitu halaman 8 dengan halaman 1, selanjutnya klik tombol "Print Setting" Kemudian akan muncul kotak dialog Print


dan Pilih General Atur Tujuan Printernya Pilih  " Postcript File"
Kemudian berali ke "Setup" Paper Size "A3" Oreintation "Landscape" Klik OK dan kembali kepada kotak dialog "Print Booklet" Klik Tombol "Print" Tentukan Tempat Penyimpanan File Booklet Kita, sebagai bahan uji coba, simpanlah di Desktop ajah.

Ubah nama folder dengan Booklet Klik Save

Rada ribet sih memang, tapi aplikasinya sebenernya gak serumit ini hehe..
Nah sekarang kita sudah punya file yang sudah di montase, " Halaman Aduan"

Langkah selanjutnya kita ubah menjadi format PDF,
Buka Adobe Acrobat Pro (bukan adobe reader ya ), kalo belum punya coba cari gratis di internet, cuma memang lumayan besar Size nya, setelah terbuka,
Klick  File > Create > PDF From File

Berikut adalah hasilnya

 
Hasil akhir dari perintah print booklet Indesign CS5, ada beberapa alternatif membuat montase halaman, salah satunya dengan printah booklet ini, tapi rada ribet ya karena harus ada Software Adobe Acrobat Pro,  tapi sebenarnya memang seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwa penyusunan halaman ketika hendak cetak ini, memang sudah menjadi satu paket yang biasa dikerjakan oleh operator mesin cetak, jadi kalo masih bingung, sebaiknya buatlah Proof dalam bentuk Hard Copy, Printout lah dan susun halaman-halaman hingga berurutan,
lalu Export Layout Indesign dalam format PDF, kita dapat meng"exportnya sekaligus maupun satu-satu, biar lebih memudahkan Operator cetak, biasanya sebaiknya buatlah file PDF secara terpisah (Export Perhalaman)

dan uniknya Operator cetak juga punya cara sendiri dalam teknik MOntase halaman ini, tentunya bukan dengan cara Print Booklet. nanti ditulis dalam artikel berikutnya ? Semoga bermanfaat,

Note : Kalo mau di copy dan dipublish di blog, ente, tolong di sertain link sumbernya ya.. hehehe
Previous Post Next Post